nuliskopi Seorang remaja yang kebetulan menjadi mahasiswa, suka apa aja asalkan bermanfaat, kadang suka cari bug codingan tapi lebih suka cari duit. Follow saya di https://instagram.com/nuliskopi

Macam – Macam Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

4 min read

Macam macam jenis virus komputer dan cara mengatasinya

Perkembangan virus pada perangkat komputer dari waktu ke waktu semakin ganas saja dan sering kali menjadi biang masalah bagi komputer. Selain itu Virus komputer juga menjadi salah satu penyebab terbesar komputer mengalami kerusakan. Seperti komputer admin yang dulu sering bolak-balik ke tukang service karena terkena virus. Itu juga salah admin sendiri sih karena sering mendawnload dan install aplikasi dari internet dan menjadi salah satu penyebab virus masuk ke komputer.

Untuk mengetahui komputer terinfeksi virus, terdapat beberapa ciri-ciri komputer yang terindikasi terinfeksi oleh virus, mulai dari komputer yang mulai lemot sampai seringnya crash saat menjalankan aplikasi maupun program. Terdapat pula beberapa macam virus yang sering menghingapi perangkat komputer maupun laptop. Nah berikut sudah admin rangkum Macam – Macam Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya.

Jenis Virus pada Komputer

Virus Worm

Virus Worm atau virus cacing adalah jenis virus yang dapat menyalin serta menggandakan dirinya.  Virus jenis ini berbeda dengan virus-virus lain karena virus jenis ini tidak menghapus atau mengubah data. Walaupun tidak begitu berbahaya, tetapi virus ini jika dibiarkan lama kelamaan akan membebankan sistem dan membuatnya menjadi lambat. Untuk penyebaran virus worm dapat melalui komputer satu dengan yang lain lewat internet.

Virus FAT

Virus FAT atau disebut juga sebagai (File Allocation Table) merupakan virus komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file maupun data ada komputer. Cara kerja Virus ini dengan cara menyembunyikan file penting sehingga tidak bisa ditemukan dan seolah-olah file itu telah terhapus. Nah bilamana kamu mengalami kejadian seperti itu pada file- file penting kamu coba lakukan pembersihan segera dengan antivirus agar virus FAT tidak lagi merusak File-file penting.

Virus Trojan

Trojan adalah jenis virus yang menginfeksi komputer dan paling berbahaya, karena jenis virus ini dapat melakukan pencurian data di komputer yang terkena virus trojan ini. Selain dapat melakukan pencurian data virus ini juga dapat mengontrol data di dalam komputer. Cara penyebaran virus ini bisa melalui email atau dengan mengunduh aplikasi dari internet.

Companion Virus

Companion Virus adalah jenis virus yang dapat merubah ekstensi file, seperti file yang dulunya berekstensi .Ai menjadi . Apk. Untuk lokasi virus ini biasanya berada pada harddisk dan bekerja untuk merubah informasi data atau file-file penguna menjadi bentuk lain. Nah bila kamu menemuka file ganda yang memiliki extensi asli dan extensi palsu, maka segera lakukan pembersihan agar virus ini tidak semakin berkembang.

Web Scripting Virus

Sebenaranya jenis virus ini tidak tergolong dalam jenis virus, namun lebih ke sebuah kode program untuk memperindah tampilan konten dalam website. Walaupun tidak tergolong ke dalam jenis virus yang berbahaya, tapi jenis virus ini sangat menganggu. Virus Web scripting ini akan aktif bila komputer terhubung ke internet. Untuk pembersihannya gunakan antivirus yang sudah terupdate dengan database virus terbaru dan kombinasikan dengan Microsoft tool bawaan windows.

Directory Virus

Virus selanjutnya adalah Directory virus, virus jenis ini mampu menginfeksi file-file yang berekstensi .exe dan membuatnya menjadi error. Virus ini akan otomatis aktif bila suatu program dijalankan dan akan menginfeksi program-program yang lain. Ciri-ciri bila komputer kamu terinfeksi oleh virus ini adalah dengan ditandai oleh beberapa program mengalami lambat sampai tidak bisa dibuka. 

Multipartite Virus

Virus jenis ini akan menyerang sistem operasi dari program tertentu. Virus ini biasa bersembunyi di bagian RAM, selain itu virus jenis ini juga bisa merambah dan menginfeksi harddisk. Efek yang ditimbulkan dari virus ini adalah menganggu kinerja RAM maupun Harddisk.

Boot Sector Virus 

Boot sector virus adalah Jenis virus yang dapat mempengaruhi sektor boot dari harddisk komputer. Sektor boot tersebut merupakan bagian penting bagi harddisk, karena terdapat beberapa informasi-informasi dari harddisk dan tersimpan Bersama program-program untuk booting. Virus jenis ini juga disebut sebagai ( Master Boot Sector Virus atau Master Boot Record Virus.) Tempat virus ini berada pada Memory hingga DOS.

Ransomware Virus

Jenis Virus selanjutnya adalah virus Ransomware,virus ini sukses membuat heboh dunia karena sifat virus ini yang dapat menyandera data maupun file-file penting di dalam komputer korbanya. Tak Cuma itu untuk mengembalikan akses data dan file tersebut maka si korban harus membayarnya dengan Bitcoin, agar data dan file tersebut bisa diselamatkan.

Macro Virus

Jenis virus selanjutnya adalah virus macro, virus ini lebih menyerang file-file yang bersifat macro seperti file .pps, .xls, dll. Virus jenis ini juga sering menyerang dokumen dan sering kali datang melalui email. Untuk Langkah antisipasi kamu dapat melakukan scanning dengan antivirus secara berkala dan jangan mengklik link tautan dari email asing.

Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Virus

  • Memory Penyimpanan Menjadi Penuh.
  • Data – Data Mengalami error, tidak bisa dibuka, atau bahkan corrupt.
  • Banyak File-File asing / Aneh yang tidak kamu ketahui sembelumnya.
  • Komputer mengalami penurunan performa secara singnifikan.
  • File maupun Data menghilang.

Cara Mengatasinya Virus Pada Komputer

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan virus dari komputer kamu. Mulai dari cara-cara yang ringan hingga cara yang extreme seperti install ulang system, untuk mengetahui cara menghilankan virus dari computer silakan simak postingan di bawah ini:

Dengan Antivirus

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan dan menghapus virus dari komputer kamu adalah dengan memasang antivirus. Untuk antivirus yan saya rekomendasikan spakai antivirus seperti, Avira, Avast, AVG, dll yang sudah terbukti dapat menangani virus-virus terbaru.

Selain mengunakan antivirus utama, kamu juga bisa mengkombinasikan dengan antivirus yang lain seperti antivirus smadav buatan anak bangsa. Tapi sebelum melakukan pembrsihan virus sebaiknya pastikan antivirus kalian sudah terupdate databasenya ke yang terbaru.

Fungsi dari update antivirus adalah agar antivirus dapat mendeteksi virus-virus terbaru yang mungkin lebih kuat dari virus-virus komputer yang lain. Untuk Langkah selanjutnya sebagai berikut :

  • Masuk ke safe mode
  • Lakukan scanning dengan antivirus yang telah terupdate tadi
  • Bila antivirus telah selesai melakukan scanning dan menemukan banyak virus maka lakukan pembersihan segera. Agar virus bisa di basmi dengan antivirus.

Hapus Aplikasi yang di curigai sebagai Virus

Nah setelah melakukan penghapusan virus melalui antivirus, kamu juga harus menghapus aplikasi yang kamu curigai sebagai pembawa virus. Ciri-cirinya adalah setelah menginstall aplikasi tersebut komputer kamu menjadi, lemot, dll seperti Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Virus di atas.

Untuk cara menghapusnya :

  • Masuk ke control panel
  • Pilih Programs
  • Lalu program and features
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu uninstall.

Install Ulang Komputer/Laptop

Langkah terakhir bila cara-cara diatas tidak bisa mengatasi virus pada komputer kamu. Sebaiknya kamu melakukan uninstall ulang sistem komputer. Itu merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan virus pada komputer. Unistall ulang sistem komputer merupakan cara ampuh untuk menghilangkan virus komputer yang sudah parah menginfeksi perangkat komputer kamu.

Tapi untuk melakukan unistall ulang maka kamu sebaiknya melakukan backup data aplikasi terlebih dahulu agar data-data penting yang berada di komputer kamu bisa terselamatkan dan tidak terhapus sewaktu melakukan uninstall ulang. Utuk lebih amannya kamu bisa bawa ke tempat service komputer untuk melakukan uninstall ulangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis jenis virus komputer dan cara mengatasinya, semoga setelah membaca ini kalian bisa menemukan jawaban dan bisa menangani virus yang masuk ke laptop atau komputer kalian, itu saja bagikan jiga bermanfaat, beri pertanyaan di komentar jika masih bingung, kembali lagi di artikel selanjutnya, bye bye

sumber : https://www.kurniawanid.net/

Shares
nuliskopi Seorang remaja yang kebetulan menjadi mahasiswa, suka apa aja asalkan bermanfaat, kadang suka cari bug codingan tapi lebih suka cari duit. Follow saya di https://instagram.com/nuliskopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.